Peraturan di sepak bola yang sedikit orang tahu

pertaturan sepak bola

Sepak bola memiliki peraturan yang sangat rumit. Sebagai penggemar sepak bola, tentunya mengetahui semua peraturan tentang sepak bola merupakan hal yang sangat penting. Berikut ini adalah tujuh peraturan sepak bola yang sedikit orang tahu:Bola memantul dari bendera sudut lapangan

1. Gol hanya akan terhitung apabila bola telah melewati garis gol sepenuhnya

Setiap lapangan sepak bola yang resmi wajib memiliki bendera setinggi 1.5m di sudut lapangannya. Apabila bola memantul dari bendera  sudut lapangan bola ini, dan masuk kembali ke dalam lapangan, maka bola tersebut masih hidup dan dapat dimainkan seperti biasa.

2. Posisi offside

Setiap gawang memiliki garis putih yang memiliki lebar sebesar diameter tiang gawang. Gol baru akan terhitung apabila seluruh bagian bola telah melewati garis tersebut, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini:

offside peraturan sepak bola

3. Tendangan bebas (free kick)

Offside merupakan salah satu hal yang paling membingungkan tentang sepakbola. Namun, sebenarnya offside merupakan hal yang tidak rumit. Seorang pemain berada di posisi offside apabila ia berada lebih dekat dengan gawang lawan dibandingkan dengan posisi bola dan pemain lawan kedua terakhir (biasanya pemain terakhir merupakan penjaga gawang). Pemain yang berada di posisi offside ini, dapat menerima bola tanpa pelanggaran apabila bola tersebut diterima dari:

  • Goal kick
    Goal kick merupakan tendangan kiper dari kotak area gol
  • Throw-in
    Throw-in merupakan lemparan bola dari luar lapangan yang terjadi ketika bola melewati garis touchline
  • Corner kick
    Corner kick merupakan tendangan dari sudut lapangan yang diberikan ketika bola melewati goal line

Selain 3 kondisi ini, apabila pemain yang berada di posisi offside menerima bola dari teman, maka pemain tersebut melakukan pelanggaran offside.

4. Tendangan bebas (free kick)

Ketika seorang pemain melakukan tendangan bebas (free kick), ia tidak boleh menyentuh bola lagi sampai bola tersebut menyentuh pemain lain. Ada 2 jenis tendangan bebas (free kick):

  • Direct free kick
direct free kick peraturan sepak bola

Direct free kick akan diberikan apabila pemain lawan melakukan pelanggaran yang berat. Apabila bola masuk ke dalam gol lawan, maka gol akan dihitung. Apabila bola masuk ke dalam gol sendiri, maka corner-kick akan diberikan ke tim lawan.

  • Indirect free kick
indirect free kick peraturan sepak bola

Indirect free kick akan diberikan apabila terjadi pelanggaran ringan di tim lawan. Apabila bola masuk ke gol tim lawan, maka gol tidak akan dihitung, dan lawan mendapatkan goal kick. Apabila bola masuk ke dalam gol sendiri, maka corner-kick akan diberikan ke tim lawan.

4. Jumlah minimum pemain dalam sebuah tim

Setiap tim harus memiliki 7 orang atau lebih agar pertandingannya boleh berlangsung. Apabila sebuah tim memiliki kurang dari 7 orang di lapangan, maka pertandingan tersebut harus dihentikan.

5. Subsitusi

Dalam pertandingan resmi, maksimum 5 substitusi boleh dilakukan, dengan catatan bahwa substitusi pemain dengan pemain yang telah disubstitusi keluar merupakan hal yang dilarang. Untuk pertandingan kelas paling atas, hanya 3 substitusi yang diperbolehkan.

6. Lemparan kedalam (throw-in)

Throw-in akan diberikan ketika bola telah melewati touch line, baik lewat darat maupun udara. Saat pemain melakukan lemparan kedalam, setiap bagian kakinya harus berada di atas atau di luar garis touch line. Pemain lawan juga tidak boleh berada terlalu dekat dengan pemain yang melakukan throw-in, minimum jarak 2m harus dijaga. Pelempar bola tidak boleh menyentuh bola yang ia lempar sampai bola tersebut menyentuh pemain lain.

Sumber: The International Football Association Board. Laws of the game 2017/2018. 2017, June 1st. Diakses dari https://www.fifa.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*