Inverted Winger (Pemain Sayap Terbalik)

inverted winger
Inverted Winger (Foto: Pixabay/bolaboiscom)

Bedah Posisi – Series 1

Selamat datang di Bedah Posisi, salah satu series artikel dari Bolabois untuk kalian pencinta sepak bola. Di series pertama ini, kita akan bahas satu posisi sepak bola modern yang pastinya jarang kalian dengar. Posisi yang kita akan bahas disebut Pemain Sayap Terbalik atau lebih dikenal dengan sebutan Inverted Winger dalam Bahasa Inggris. Mari kita lihat cuplikan pendek di bawah ini sebelum membahasnya lebih lanjut.

Tendangan Pemain Sayap Terbalik Cristiano Ronaldo
Cristiano Ronaldo – Salah Satu Pemain Sayap Terbalik (GIF: Youtube/bolaboiscom)

Dari cuplikan di atas, tentu kalian sadar bahwa ini merupakan tipe serangan yang biasa dilakukan Cristiano Ronaldo, dimana dia akan berlari dari bagian kiri atau kanan, memperdaya pemain bertahan musuh, dan melakukan tendangan keras ke pojok gawang. Tetapi, apakah kalian pernah berpikir mengapa seorang Cristiano Ronaldo sangat sering melakukan tipe serangan seperti ini? Sebelum sampai ke sana, mari kita bahas secara singkat apa itu Winger atau Pemain Sayap.

Winger alias Pemain Sayap

Winger atau Pemain Sayap dapat didefinisikan sebagai posisi pemain yang berada di sisi kanan ataupun kiri dalam susunan formasi sepak bola. Untuk menentukan seorang pemain lebih baik di posisi kanan atau kiri, biasanya dinilai dari Kaki Utama sang pemain. Misalnya, jika seorang pemain berkaki utama kanan, maka dia ada di posisi kanan, begitupun sebaliknya.

Di era sepak bola modern, sudah sangat lazim kita melihat posisi Winger di dalam suatu tim sepak bola. Memang tidak semua tim mengatakan bahwa mereka memiliki pemain sayap di dalam susunan pemainnya dikarenakan mereka biasa menyebutnya dalam sebutan lain seperti Side Midfielder (Gelandang Sisi) ataupun Left/Right Back (Bek Kiri/Kanan). Akan tetapi, kita semua paham betul pentingnya posisi kiri dan kanan dalam permainan sepak bola karena disanalah permulaan terjadinya umpan terobos dan umpan lambung. Oleh karena itu, posisi ini sesungguhnya selalu ada baik di lini serang ataupun jantung pertahanan sebuah tim.

Sayangnya, sebutan Winger lebih sering disematkan kepada tipe penyerang di posisi kanan atau kiri. Layaknya seorang penyerang, pemain sayap juga memiliki tanggung jawab untuk menciptakan peluang ataupun mencetak gol. Posisi ini memiliki kebebasan yang lebih besar untuk bergerak, mengecoh musuh, bahkan bertukar posisi. Disinilah lahir sebuah posisi baru yang dikenal dengan nama Inverted Winger, dimana seorang pemain sayap bertukar posisi dengan pemain sayap lainnya.

Inverted Winger alias Pemain Sayap Terbalik

Inverted Winger merupakan pemain sayap dimana secara segi taktikal ditempatkan pada sisi yang berlawanan dengan kaki utama sang pemain. Dibandingkan memberikan umpan kepada pemain lain, posisi ini cenderung lebih egois dan memiliki peran sebagai pencetak gol. Dengan bermain pada sisi yang salah, secara natural pemain akan berusaha mencari posisi tendangan yang lebih nyaman untuknya. Kesulitan inilah yang membuat posisi ini tidak mudah dilakukan oleh banyak pemain sepak bola. Untuk membahas lebih jauh, mari kita lihat statistik gol dari salah satu pemain di posisi ini yaitu Cristiano Ronaldo.

Gol Dengan
Kaki Kanan384
Kaki Kiri106
Gol Dari
Sayap Kiri220
Sayap Kanan229

Sumber: www.statbunker.com (diambil tanggal 18 Juni 2019)

Seperti yang kita lihat di atas, Cristiano Ronaldo mencetak gol tiga kali lebih banyak dengan kaki kanan dibandingkan kaki kirinya. Sebagai pemain yang lebih condong berkaki kanan, memang fakta ini terlihat lumrah.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*