Analisis implementasi sistem Sarriball di Juventus

sarri ball

Latar Belakang

Sarriball merupakan sistem yang cukup dipopulerkan oleh manajer Maurizio Sarri. Pada segmen kali ini saya akan membahas tentang Mr. Sarri dan bagaimana taktiknya akan mempengaruhi Juventus di musim ini. Untuk kalian para penikmat bola sudah pasti tau kalo Sarri sudah kembali ke Serie A setelah berhasil membawa pulang piala Europa League untuk Chelsea. Walaupun waktu masih di Napoli Sarri ngata-ngatain Juventus, eh dia malah jilat ludah sendiri dan akan menggantikan Mr. Massimiliano Allegri dalam memanajeri Juventus. Nah ga usah banyak cing cong, tulisan kali ini saya akan membicarakan tentang apa itu Sarriball, apa yang harus dilakukan agar itu berhasil di Juventus, pemain apa yang kira-kira yang harus dibeli atau tidak dibutuhkan di sistem Sarriball.

Apa itu Sarriball

Formasi Chelsea 2018 / 2019

formasi chelsea 2018 2019

Formasi Napoli 2017 / 2018

formasi napoli 2017 2018

“Oi min, gw udah tau formasinya, gw juga bisa google min, langsung jelasin aja”

Oke-oke. Di dalam sistem Sarriball formasi yang akan digunakan adalah formasi 4-3-3, yang terdapat 2 central midfielder (CM) dan ada 1 pemain defensive midfielder (CDM) di belakang mereka. Yang diutamakan di dalam sistem ini adalah bagaimana kita memperoleh High Ball Position, yang dapat diartikan adalah bagaimana cara kita passing – passing-an satu sama lain perlahan2 tanpa memberi kesempatan musuh untuk merebut bola. Selain itu, di sistem ini, dibutuhkan stamina yang cukup tinggi karena semua pemain diharuskan mondar-mandir terutama ketika bertahan.

Biasanya ketika bola telah direbut musuh, pemain bertahan dan penyerang akan berusaha kembali ke dalam bagian setengah lapangan sendiri. Tetapi ketika kita menerapkan Sarriball, penyerang akan tetap berusaha memberikan tekanan kepada bek musuh di barengi dengan gelandang dan juga bek belakang.

Ada satu kelemahan dari sistem ini yaitu, sangatlah rawan dengan serangan counter attack. Jika terjadi serangan counter attack seluruh pemain harus mempunyai kesiapan untuk berlari ke bagian setengah lapangan sendiri. Oleh karena itu jika harus dimainkan selama 90 menit, dibutuhkan pemain dengan stamina yang besar dan sanggup berlari cepat.

Disini yang menjadi kuncinya untuk menjadi jembatannya adalah Jorginho. Role yang dimainkan Jorginho di dalam sistem Sarriball dapat disebut sebagai Regista. “Min, bacot lu gw ga ngerti regista paan”. REGISTA sama kayak playmaker role yang dimainkan oleh Messi / Pirlo, cuman role ini lebih cocok dimainkan oleh tim yang suka press high di lapangan bola. Bisanya si CDM (Jorginho) lebih sering mengoper bola ke kiri (Kovaic/Rui) daripada yang kanan (Kante/Hysaj) mildfield. Ini dikarenakan bagian kiri midfield lebih cenderung diposisikan lebih tinggi daripada yang kanan.

Biasanya dalem build-up play, bola akan dimulai dari goalkeeper lalu akan di pass ke 2 CB (Centre Back) lalu ke si Regista (seperti diamond). Bila si midfielder lagi di press ama pemain musuh, si Regista bakal oper balik ke CB, lalu jalan gerak bola akan di restart. Goalkeeper memegang peranan penting karena dia harus kuat dalam menjaga bola dan berkomunikasi dengan si CB. Untuk LB / RB harus juga bisa membuka ruangan dan membantu si CM dalam menusuk pertahanan musuh.

Jika bola sudah sampai di tengah lapangan musuh, biasanya LW cenderung berguna sebagai pemain yang menusuk maju di barengi dengan LWB sebagai back-up bila bola akan direbut dari musuh. Jika sang LW berhasil menembus lini pertahanan tim lawan, maka dia akan mencoba dribble dan memotong kedalam pertahanan tengah lawan (cut inside) lalu mengoper bola ke striker yang biasanya sudah siap di kotak penalti gawang lawan.

“Kalo buat RW nya gimana min”. Untuk RW, biasanya cenderung bermain pasif dan cenderung bermain lebih terbuka dari LW. Jadi bisa dibilang ketika lagi menyerang, LW dan LWB akan menyerang bersamaan, tetapi jika menyerang dari kanan RW hanya akan bertugas meng-assist kepada sang striker.
Untuk soal striker, dia juga perlu diposisikan lebih rendah dekat ke antara 2 midfielder yang bertugas dalam membangun jalannya permainan. Selain itu, sang striker juga harus mempunyai tingkat kesadaran yang tinggi, gesit dan siap menerima dan melepaskan tendangan ke gawang musuh.

Salah satu yang menjadi kegagalan di tim Chelsea dalam menerapkan Sarriball adalah tidak adanya striker yang mempunyai 2 atribut yang penting ini. Alvaro Morata, meskipun dia sangat bagus dalam melakukan sundulan di udara, dia bisa dibilang kurang gesit dan tidak bisa melakukan finishing; Olivier Giroud, dia sangat bagus dalam melakukan passing2-an dan membawa bola ke dalam lini pertahanan musuh, tetapi dia cukup lamban sehingga dia cukup susah menerima umpan terobosan; dan yang terakhir Gonzalo Higuain, meskipun dia cukup sigap dan cukup lincah dalam mempermainkan bola, karena umurnya yang sudah cukup tua, dia lebih sering miss ketika sedang menendang bola ke gawang musuh.

Sarriball di Juventus

Karena kita udah tau apa itu Sarriball, kita akan lihat pemain-pemain yang sudah ada dan yang akan mungkin didatangkan oleh Juventus

Pemain Juventus

(ST)

  • Ronaldo – Sebelum: LW / ST – Si babang satu ini sudahlah pasti kalian tau, dia bisa bermain di semua posisi menyerang. Di dalam sistem Sarriball, dia pasti akan ditempatkan di posisi striker. Disini dia akan lebih diposisikan cenderung ke bawah untuk melakukan build-up play dengan gelandang.
  • Dybala – Sebelum: ST / RW – Kalau Ronaldo jadi LW.
  • Mario Mandzukic – Sebelum: ST / CF – Bisa aja tapi karena udah tua lebih gampang capek kalau main 90 menit.

(LW)

  • Mario Mandzukic – Sebelum: ST / CF – Bisa aja kalo dipaksain soalnya dia bisa pressing yang cukup bagus.
  • Douglas Costa – Sebelum: LW / RW – Lebih cenderung buat assist karena lebih dominan kaki kiri, jadi kurang cocok.
  • Ronaldo – Sebelum: LW / ST – Kalau ga jadi striker.

(RW)

  • Juan Cuadrado – Sebelum:  RW – Ok.
  • Federico Bernardeschi – Sebelum:  RW / RM – Sama kayak Cuadrado.
  • Dybala – Sebelum: ST / RW – Dia cenderung menggunakan kaki kiri dan berada di posisi kanan. Oleh karena itu dia tidaklah cocok di dalam sistem ini karena yang dibutuhkan adalah pemain dengan kaki kanan dominan yang berada di posisi kiri. Mungkin dia bisa menjadi backup untuk Ronaldo.

(CDM)

  • Pjanic – Sebelum: CDM – Kalian bisa lihat, biasanya Sarri kerap kali suka menggunakan Jorginho sebagai pemain gelandang bertahan, tetapi kalian janganlah kalian khawatir karena role ini akan diserahkan kepada Pjanic.

(LCM)

  • Dybala – Sebelum: ST / RW – Kalau dia mau belajar nge-press karena dia mempunyai atribut yang bagus untuk menyerang.
  • BentacurSebelum: RCM – Mungkin ?

(RCM)

  • Blaise Matuidi – Dia lebih cenderung sebagai pemain gelandang bertahan sedangkan yang dibutuhkan ada pemain gelandang yang bisa membantu dalam jalannya passing-an bola.
  • Sami Khedira – Ok (mungkin pilihan ke 2).
  • Emre Can – Pilihan pertama, karena memiliki kualitas untuk menjadi gelandang kanan.

(LB)

  • Alex Sandro – Sebelum: LB – Udah ok.

(CB)

  • Giorgio Chiellini – Sebelum: CB – Dikiri.
  • Leonardo Bonucci – Sebelum: CB – Dikanan.
  • Danielle Rugani – Sebelum: CB – Kalo salah satu yang diatas ga di maenin.

(RB)

  • Joao Cancelo – Sebelum: RB – Dia katanya si mau cabut.
  • Mattia De Sciglio – Sebelum: LB / RB – Gantiin kalau si Joao cabut.

Pemain yang harus di TRANSFER KE Juventus

1. Aaron Ramsey (Arsenal) – (LCM)

ramsey arsenal sarriball juventus
Bagus buat jadi pemain gelandang penyerang.

2. Kieran Trippier (Totentot maap Tottenham) – (RB)

trippier tottenham sarriball juventus
Bagus dalam offense (bisa umpan lambung ke striker), tetapi tolol dalam defense.

3. Matthijs De Ligt (Ajax) – (CB)

de ligt ajax sarriball juventus
Imba masih muda lagi, tetapi kayaknya mahal.

4. Adrien Rabiot (PSG) – (RCM)

rabiot psg sarriball juventus
Bagus dalam positioning, bisa quick-pass.

5. Paul Pogba (Arsenal) – (RCM)

pogba manchester united sarriball juventus
Lebih jago dari Rabiot, bisa passing jauh.

Pemain yang mungkin di TRANSFER KELUAR DARI Juventus

1. Joao Cancelo

joao cancelo juventus sarriball
Dia bilang sendiri mau cabut.

2. Khedira

khedira juventus sarriball
Kebanyakan gelandang.

3. Matuidi

matuidi juventus sarriball
Udah dijelasin diatas.

4. Dybala / Cuadrado

5. Higuain

higuain juventus sarriball
Tua.

Konklusi

Kita lihat aja nanti pas musimnya dah mulai, udah cape gua nulisnya.

Referensi:
1. Tifo Football
2. Wikipedia

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*